Kontes Robot Indonesia Regional 5 Mataram

Kontes Robot Indonesia Regional 5 Mataram
Kontes Robot Indonesia Regional 5 Mataram
Akhirnya hari yang kami tunggu-tunggu tiba. Kontes Robot Indonesia Regional 5, Mataram. Ya, untuk inilah usaha yg kami kerjakan selama berbulan-bulan. Kontes yang nantinya mewakili regional menuju kontes nasional.

Kontes robot tahun ini yang ketiga bagi saya, setelah sebelumnya di Makassar & Bali. Sebuah pengalaman yang selalu berbeda tiap tahunnya. Tahun ini harusnya kami lebih matang, karna kami sebagian anggota senior. selalu ada sebuah peningkatan kepercayaan diri kami, setelah kontes robot pertama yang paling mengajarkan banyak motivasi, motivasi rasa malu yang harus tak akan pernah kami ulangi lagi, dan kontes kedua saya yang mengajarkan percaya diri.




Tanggal 20 Mei kami mulai pengalaman baru ini, itulah saat kami berkemas-kemas buat keberangkatan besok. Sepertinya semua berjalan lancar. Perlu kami tegaskan bahwa disana tak ada target, kami hanya coba semampunya kami, dengan peralatan & dana yang tersedia, saya rasa itulah yang maksimal dari kami. Dan saya rasa tahun kami lebih siap. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya ga akan terulang lagi, seperti dulu, kami selalu dikejar deadline. Tim kami yang paling sibuk pada saat hari kontes dimulai. Ya, sebabnya Robot kami belum selesai. Ha ha..  suatu hal yang sangat membebani. Tapi kali ini kami sedikit siap untuk kontes ini. Tanggal 21 akhirnya kami berangkat. Sore hari kami sampai ditempat penginapan yang disediakan panitia dari Politeknik Negeri Mataram.




Hari berikutnya kami tetap sibuk menyempurnakan robot kami sampai saatnya kontes. Kawan-kawan tetap sibuk sama tugasnya masing-masing. Entah ngotak-ngatik program, ngerakit robot.







Hari kontes robot pun dimulai. Slalu ada pembenahan disetiap tim peserta kontes robot ini, tidak terkecuali kami. Dan saat running test dimulai, banyak kesalahan tak terduga maupun prediksi dari kami yang salah. Huh.. -_- Hampir nyerah. Tapi mau gimana lagi, kami coba semampunya kami, kami coba sebisa mungkin. setelah running test, Kontes pun dimulai. Oh ya STMIK Banjarbaru Robotic Club (SBRC) mengikuti tiga dari lima divisi kontes robot yang dilombakan, yaitu divisi KRI(Kontes Robot Indonesia-Abu Robocon), Divisi KRPAI Beroda (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia-Divisi Beroda), dan Divisi KRPAI Berkaki (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia-Divisi Berkaki). Dan hasilnya kami belum bisa juara. Tim KRPAI kami hanya mampu sampai penyisihan & tim KRI hanya sampai 8 besar(turun dari tahun kemarin yang sampai 4 besar). Tim saya empat kali bertanding dan hanya dua kali menang. Huh rasanya gagal sama sekali ga enak bagi kami, karna saat itu sebenarnya saya menyimpan target pribadi. Kerja keras kali ini tak terbayar.















OK, kegagalan perlahan sedikit diterima. Denger quote temen & pembimbing yang sedikit menghibur.. Tapi sedih tetap ada sih, secara saya kan ketua. :D .. Setelah pertandingan kami banyak evaluasi, kami banyak mengambil pelajaran lagi buat kontes berikutnya. Dari segi prestasi kami memang masih belum. Tapi menururut pandangan saya peningkatan slalu ada tiap tahunnya, Yap. Dan saya rasa tahun ini lebih banyak peningkatan. Dan saya yakin jika ritme peningkatan terus berjalan stabil, tahun berikutnya semoga SBRC bisa berprestasi. Amin.




Dan tahun depan akan ada dua pilihan mundur atau kerja keras jaga gengsi di kota sendiri ( kami memang punya gengsi yang tinggi-itu menurut saya sih) he he. Huh.. dan ternyata beban sudah dimulai, dan sedang di usahakan untuk yang satu ini. Semoga ini bisa jadi motivasi..

Hai saya Agung. Saya suka kebebasan namun tetap ada batasan. Semua orang suka jalan-jalan. Tak banyak yang anda ketahui tentang saya. 

0 comments:

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :) Terima kasih...